Bahasa Indonesia Kelas 8 : Pengertian, Ciri dan Jenis Teks Berita

Bahasa Indonesia Kelas 8 : Pengertian, Ciri dan Jenis Teks Berita

Author:
Price:

Read more

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh..

Untuk pagi ini dimulai dengan pembelajaran bahasa Indonesia. Materi ini disajikan untuk kelas 8F dengan guru pengajar Ibu Eti. Untuk itu kalian silakan pahami materi yang ada di bawah ini. Dengan tujuan pembelajaran
1. Supaya kamu mampu menjelaskan pengertian berita.
2. Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita.

Silahkan kalian catat materi yang sudah.ibu siapkan di bawah ini, Catatan akan ibu periksa disaat luring. Dan untuk kelas 8G-8K dengan guru ibu Neni Mulyani juga sama mencatat materi yang sudah ibu bagikan di atas. Terimakasih


Bahasa Indonesia Kelas 8 : Pengertian, Ciri dan Jenis Teks Berita

========================================================================
TEKS BERITA

Berita Seputar Indonesia
Pada era sekarang berita menjadi “Menu” utama dalam deretan makanan harian “empat sehat lima sempurna”. Tiada hari tanpa berita. Dari waktu ke waktu berita datang silih berganti. Beragam informasi datang berhamburan memenuhi kehidupan kita setiap harinya. Dengan banyaknya sajian berita, baik melalui media cetak maupun media elektronik, kita harus bisa memanfaatkannya dengan baik, harus bisa membedakan berita sesuai fakta atau berita yang hoax atau bohong.

A. Pengertian, Ciri, dan Jenis Teks Berita
1.      Pengertian Berita dan Teks Berita
Secara etimologi istilah berita berasal dari bahasa Sanskerta virit berarti “terjadi” atau “ada”. Beberapa orang juga menyebut kata ini dengan kata vritta. Kata virtta berarti “kejadian” atau “yang sedang terjadi”.
Wartawan asal Indonesia, bernama, Mochtar Lubis, menyatakan bahwa berita adalah informasi yang baru, menarik perhatian, dan memengaruhi banyak orang. Informasi tersebut mampu membangkitkan selera masyarakat untuk mengikutinya.
Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat, kabar, laporan, pemberitahuan, pengumuman.
Jadi berita adalah laporan atau informasi  yang di dalamnya memuat kejadian atau peristiwa yang aktual (informasi terkini yang sedang terjadi) dan Faktual (berdasarkan fakta sebenarnya). Berita disajikan dalam bentuk cetak, siaran, internet, atau dari mulut ke telinga kepada orang ketiga atau banyak orang.

2.      Ciri-Ciri Teks Berita

Untuk mengenali jenis teks bahwa teks tersebut merupakan sebuah teks berita maka kita harus mengetahui ciri-ciri dari teks berita itu sendiri, ciri-ciri teks berita ini selalu dilibatkan sebagai unsur pembuatan teks berita. jadi jika anda ingin membuat sebuah teks berita jangan lupa untuk melibatkan ciri-ciri teks berita.

Ciri-ciri dari teks berita meliputi faktual, aktual, unik dan menarik, berpengaruh bagi masyarakat luas, melibatkan waktu dan kronologi kejadian, objektif dan menggunakan bahasa baku, untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

a.      Faktual 

Faktual adalah suatu kejadian yang bersifat nyata, benar-benar terjadi dan tidak terikat oleh waktu, baik kejadian itu terjadi saat ini, atau di masa lalu. Dalam teks berita harus engandung unsur terkini, terbaru, terhangat, baru saja atau sedang terjadi. Pengertian terbaru, bisa merupakan fakta terbaru yang ditemukan dari suatu peristiwa lama, atau peristiwa yang baru saja terjadi

b.      Aktual 

Aktual adalah suatu kejadian yang bersifat nyata dan benar-benar terjadi dan sedang hangat-hangatnya menjadi pembicaraan orang banyak, bersifat ke kinian atau baru.
c.       Unik atau menarik 
Teks berita harus unik atau berbeda penyampaiannya dengan yang lain dan dikemas dengan kata-kata yang menarik yang dapat menarik perhatian pendengar atau pembacanya. Unsur menarik maksudany adalah berita harus menimbulkan rasa ingin tahu, dan ketertarikan dari masyarakat untuk menyimak isi berita tersebut. Peristiwa yang menarik dan diminati oleh masyarakat biasanya bersifat menghibur, aneh, memiliki unsur kedekatan, mengandung nilai kemanusiaan, mengandung unsur seks, kriminalitas, dan konflik.
3.      Berpengaruh bagi masyarakat luas
Teks berita harus memberikan pengaruh terhadap masyarakat sebagai pendengar
4.      Terdapat waktu dan tempat kronologi kejadian
Teks berita biasanya selalu dilengakapi dengan runtutan waktu kapan terjadi dan juga kronologi kejadian atau bagaimana peristiwa yang menjadi berita terjadi.
5.      Objektif
Objektif adalah bahwa berita yang disampaikan benar-benar berita sebenarnya tanpa dipengaruhi oleh pandangan atau opini pribadi.
6.      Bahasa baku, sederhana, dan komunikatif
Bahasa yang digunakan di dalam teks berita pada umumnya menggunakan bahasa baku sederhana dan komunikatif. Bahasa baku adalah ragam bahasa yang cara pengucapan dan penulisannya sesuai dengan kaidah-kaidah standar. Kaidah standar dapat berupa pedoman ejaan (EYD), tata bahasa baku, dan kamus umum.

7.      Jenis-Jenis Teks Berita
Jenis-jenis berita yang di kenal dalam dunia jurnalistik adalah sebagai berikut:
  • Straight news adalah Berita langsung apa adanya. di tulis secara singkat dan lugas.
  • Depth news adalah Berita mendalam di kembangkan dengan pendalaman hal-hal yang ada di bawah suatu permukaan.
  • Investigation news adalah Berita yang di kembangkan berdasarkan penelitian atau penyelidikan dari berbagai sumber.
  • Interpretative news adalah Berita yang di kembangkan dengan pendapat atau penilaian penulisnya atau reporter.
  • Opinion news adalah Berita mengenai pendapat seseorang seperti tokoh, ahli, cendekiawan mengebai sesuatu.

8.      Unsur-unsur Berita (5W + 1H)

Dalam proses pembelajaran memahami sebuah berita tentunya kita harus memahami unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah berita. Adapun unsur-unsur berita terdiri atas what (apa), who (siapa),where (dimana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Berikut penjelasan yang lebih lengkap dari unsur-unsur menurut Inung Cahya S. (2012:17) yaitu :

  1) What
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur what, yaitu berisi pernyataan yang dapat menjawab pertanyaan apa.
  2) Who
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur who, yaitu disertai keterangan tentang orang-orang yang terlibat dalam peristiwa.
  3) When
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur when, yaitu menyebutkan waktu  kejadian peristiwa.
  4)  Where
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur where, yaitu berisi deskripsi lengkap tentang tempat kejadian.
  5) Why
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur why, yaitu disertai alasan atau latar belakang terjadinya peristiwa.
6)      How
Suatu berita dikatakan baik jika memenuhi unsur how, yaitu dapat dijelaskan proses kejadian suatu peristiwa dan akibat yang ditimbulkan.

0 Reviews