English 8 : Asking For Attention and Cheking Fot Understanding

English 8 : Asking For Attention and Cheking Fot Understanding

Author:
Price:

Read more

Now, we begin our class meeting from chapter 1. It is about IT'S ENGLISH TIME. In this chapter we will learn to get attention (meminta perhatian), to check if we are understood (mengecek pemahaman), to show appreciation to others (menghargai kinerja orang lain) and to tell what we or other people think something (mengungkapkan pendapat tentang sesuatu).

For further informations about the material, please read and understand file pdf below.

CHAPTER 1
IT’S ENGLISH TIME

English 8 : Asking For Attention and Cheking Fot Understanding


Class: VIII
SMPN 1 PUSAKANAGARA
Semester 1

Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat:
  1. Meminta perhatian (to get attention)
  2. Mengecek pemahaman (to check if we are understood)
  3. Menghargai kinerja orang lain (to show appreciation to others)
  4. Mengungkapkan pendapat tentang sesuatu (to tell what we or others people think of something)
  5. Menyusun kata menjadi kalimat bermakna atau menyusun kalimat menjadi paragraph yang padu.

A. Asking for Attention (Ungkapan Meminta Perhatian)

Asking for attention (ungkapan meminta perhatian) digunakan ketika kita ingin mengatakan sesuatu, misalnya informasi, penjelasan atau cerita, maka kita perlu pendengar memperhatikan informasi kita.
Kita dapat menggunakan pertanyaan untuk menarik pendengar kita atau suara lebih keras.

The following are expressions of asking for attention
Berikut adalah ungkapan meminta perhatian


Example (Contoh):
1) Miss Simas : Everybody, may I have your attention, Please?
                          Semuanya, bolehkah saya mendapat perhatian anda?

Students          : Yes, Miss.
                          Ya, Bu.

Miss Simas      : Beni, would you stop doing that please?
                           Beni, maukah anda menghentikan itu?

Beni                  : I am so sorry Miss. Yes, I am.
                            Saya mohon maaf Bu. Ya, baiklah.

Miss Simas       : Are you ready to learn?
                            Apakah anda siap untuk belajar?

Beni                  : Yes, I am.
                             Ya, Saya siap.

2) Mrs. Nura : Attention, please. Are we all ready to learn English?
                        Tolong perhatikan. Apakah kita siap untuk belajar bahasa Inggris?

Students        : Yes, Ma’am.
                        Ya, siap Bu.

B. Checking for Understanding (Mengecek Pemahaman)

Checking for understanding adalah suatu ungkapan atau ekspresi yang digunakan untuk mengecek pemahaman seseorang atau lawan bicara kita mengenai apa yang kita sampaikan kepadanya. Respon/Jawaban yang diberikan bisa positif (paham) atau negatip (tidak paham).

The following are expressions of checking for understanding and the responses.
Berikut adalah ungkapan mengecek pemahaman dan jawaban.


Example (Contoh):
1) Mr. Doni : Do you understand what I mean?
                      Apakah anda mengerti apa yang Saya maksud?

    Lina        : Yes, I do
                      Ya, Saya mengerti.

2) Dayu      : Do you understand what she said?
                     Apakah anda mengerti apa yang dia (perempuan) katakan?

    Lina        : Yes, she said that we should speak English in our English Class.
                    Ya, dia (perempuan) mengatakan bahwa kita harus berbicara bahasa Inggris di kelas kita.

C. Showing Appreciation (Menghargai kinerja)

Showing appreciation adalah suatu ungkapan/ekspresi yang digunakan untuk menghargai kinerja seseorang, baik berkaitan dengan kemampuan bekerja seseorang, penampilan atau sesuatu yang dimiliki oleh orang lain.

The following are expressions of showing appreciation to others and the responses.
Berikut adalah ungkapan menghargai kinerja orang lain dan jawaban.


Example:
Ayu         : Do you have any plans for the next holiday?
                  Apakah anda punya rencana pada liburan selanjutnya?

Galih      : Not yet.
                 Tidak.

Ayu        : What about visiting Duver Museum?
                 Bagaimana kalau mengunjungi museum Duver?

Galih      : Duver museum?
                 Duver museum?

Ayu        : Yes. Duver is an abbreviation for Dunia Vektor dan Reservoir.
                 Ya. Duver adalah singkatang untuk Dunia Vektor dan reservoir.

Galih     : What can we see in the museum?
                Apa yang bisa kita lihat di museum?

Ayu       : We can get information about vectors, diseases caused by vectors and how to
                prevent us from the infection of such diseases. What do you think?
                Kita bisa memperoleh informasi tentang vector, penyakit yang disebabkan oleh vektor dan 
                bagaimana mencegah kita dari infeksi tersebut. Bagaimana menurut anda?

Galih    : I think it will be interesting. Besides, it will certainly broaden our knowledge. Let’s go 
               there.
               Menurut Saya itu menarik. Disamping itu akan menambah pengetahuan kita. Mari kita 
               pergi kesana.

Ayu      : Let’s go.
               Ayo.

D. Asking for Opinions and Giving Opinions (Meminta pendapat dan Memberi Pendapat)

Asking for opinions and Giving Opinions ialah suatu ungkapan yang digunakan untuk menanyakan, menjawab atau merespon suatu pendapat. Dalam Opinion, biasanya terdapat beberapa kata kerja yang digunakan antara lain believe (percaya), reckon (memperhitungkan), think (rasa/pikir), doubt (meragukan), assume (berasumsi), agree (setuju), atau don’t agree (tidak setuju).

The following are expressions of asking for opinion and giving opinions.
(Berikut ini adalah ungkapan meminta pendapat dan memberi pendapat)


Example (Contoh):
A. Mr. Riki : What do you think? Is English easy or difficult?
                      Apa pendapat anda? Apakah Bahasa Inggris mudah atau sulit?

Dayu           : I think English is easy.
                      Menurut saya Bahasa Inggris mudah.

B. Nurul      : What do you think of our new classmate, Diah?
                       Apa pendapat anda tentang teman sekelas baru kita, Diah?

Diah            : I think he is sociable student.
                       Menurut Saya dia (laki-laki) murid yang suka bergaul.

Nurul           : Yes, I think so, too. He is able to make friends easily. Nearly all of our friends know 
                       him well within just a month.
                       Ya, menurut Saya juga begitu. Dia bisa berteman dengan mudah. Hamper semua 
                       teman kami mengenalnya dengan baik hanya dalam satu bulan.





0 Reviews